Dalam persaingan penentuan strategi pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan agar dapat mempertahankan pasar sasaran. Dalam upaya untuk meningkatkan penjualan maupun mengembangkan pangsa pasar, peluncuran produk baru seringkali merupakan upaya yang ditempuh perusahaan sebagai strategi pemasarannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut produk apakah berpengaruh terhadap preferensi, dari peta persepsi ingin diketahui keunggulan yang dimiliki produk Formula dalam bersaing, mengetahui posisi produk ditinjau dari preferensi konsumen dan ingin mengetahui apakah dengan peluncuran produk merek kedua dapat menghadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif analitis. Analisis yang dilakukan menggunakan statistika hitung. Pelanggan dari sikat gigi yang diteliti adalah Formula: 37,5% responden, Durodont : 10,8% responden dan Formula Trendy : 28,3% responden. Dilihat dari preferensi yang didasarkan oleh atribut produk menunjukkan Formula sebagai pilihan pertama, Formula Trendy sebagai pilihan kedua dan Durodont sebagai pilihan ketiga. Pertimbangannya adalah sebagai berikut: Formula memiliki keunggulan pada daya tahan, Formula Trendy memiliki keunggulan pada warna dan Durodont memiliki keunggulan pada kelenturan bulu. Apabila dilihat dari merek keduanya "Durodont", ternyata sikat gigi Durodont masih berada di bawah posisi Formula dan Formula Trendy. Papat dikatakan bahwa merek kedua dari PT Arta Boga Cemerlang tidak berhasil menghadapi persaingan. |