Dalam situasi persaingan yang semakin ketat, perusahaan yang ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang haruslah mengambil langkah yang tepat dalam memasarkan produknya, Untuk mempertahankan dan memperluas pasarnya sesuai dengan kapasitas perusahaan, dibutuhkan suatu cara komunikasi yaitu PROMOSI. PT. SARASA NUGRAHA adalah perusahaan yang bergerak di bidang Industri Pakaian Jadi, yang menggunakan sarana-sarana promosi dalam meningkatkan penjualan hasil produksinya. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan penelitian secara langsung dan penelitian secara tidak langsung. Teknik analisis datanya menggunakan perhitungan Regresi Linear Berganda. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan volume penjualan. Hal ini terlihat dari perkembangan produk dalam 5 tahun terakhir ini. Adapun sarana-sarana promosi yang digunakan meliputi Advertising, Personal Selling, Sales Promotion dan Publicity. Perlu perhatian utama untuk terus mengadakan peningkatan penjualan yaitu dengan lebih menggiatkan kegiatan promosi yang dilaksanakan perusahaan dibandingkan pelaksanaan promosi yang sudah ada, ini dimaksudkan untuk menunjang Strategi Pemasaran, sehingga dapat memperluas pangsa pasar atau daerah pasar yang baru dimana masyarakat dapat mengetahui dan menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Apabila hal ini terlaksana dengan baik dan tepat maka akan terjadi peningkatan penjualan pada perusahaan. |