Latar belakang penelitian ini adalah adanya persaingan yang ketat di bidang jasa konstruksi baik perusahaan konstruksi BUMN maupun swasta dan asing sehingga perusahaan berusaha membuat strategi penetapan harga penawaran yang tepat yang akan diikutsertakan pada proses tender (lelang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi penetapan harga dan strategi penetapan harga yang diterapkan oleh perusahaan agar dapat memenangkan tender. Tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah studi kepustakaan, penelitian lapangan (wawancara dengan pihak perusahaan dan data dari perusahaan). Metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode deskriptif analitik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif terutama menggunakan metode SWOT untuk menganalisa strategi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi pasar, pesaing, struktur biaya, laporan hasil tender merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga disamping strategi penetapan harga yang melibatkan tiga variabel/unsur (alat, material, tenaga kerja) yang penting dalam menentukan harga. Dari hasil analisis SWOT disarankan hubungan baik dengan supplier agar dlpertahankan, efisiensi alat lebih diperhatikan, asset tenaga yang sudah handal dlpertahankan agar dalam membuat/menetapkan harga penawaran dapat serendah mungkin dengan tetap mempertanggung jawabkan spesifikasi teknisnya. |