Sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan pada tahun 1990, yang memperbolehkan rumah sakit dikelola oleh Perseroan Terbatas (PT), persaingan antar Rumah Sakit Swasta for Profit (berorientasi pada laba), terutama di Jakarta, terasa semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan, Rumah Sakit Pondok Indah menempatkan pelayanan sebagai ujung tombak strategi pemasarannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya profil / karakteristik konsumen Rumah Sakit Pondok Indah, dan juga untuk mengetahui bagaimana persepsi dan sikap para konsumen tersebut terhadap jasa yang diberikan oleh Rumah Sakit Pondok Indah. Dengan mempergunakan metode penelitian deskriptif, penulis menyebarkan kuesioner kepada sebanyak 72 orang konsumen rawat inap, dan sebagai hasil penelitian didapatkan bahwa para konsumen tersebut merasa puas dengan pelayanan yang mereka terima dari Rumah Sakit Pondok Indah, baik itu pelayanan yang diberikan oleh para tenaga medis, penyediaan fasilitas dan prosedur, maupun kepedulian pada sanitasi atau kebersihan Rumah Sakit itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa mengetahui persepsi para konsumen terhadap pelayanan-pelayanan rumah sakit adalah sangat penting untuk dapat menentukan standar kualitas pelayanan yang diinginkan oleh para konsumen, sehingga pihak rumah sakit dapat lebih meningkatkan lagi pelayanannya, baik itu secara kualitatif maupun kuantitatif. |