Persaingan dalam bisnis makanan dewasa ini semakin gencar apalagi bisnis makanan 'fast food', seperti halnya Kentucky Fried Chicken yang merupakan restoran fried chicken pertama dan paling tua di Indonesia juga harus bersaing, maka untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, perusahaan harus menetapkan penempatan yang tepat, sehingga memperoleh posisi tertentu dalam benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi produk Kentucky Fried Chicken saat ini ditinjau berdasarkan persepsi dan preferensi konsumen dibandinqkan dengan Texas Fried Chicken dan California Fried Chicken. Model penelitian dalam penyusunan skripsi ini bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan, wawancara dan penyebaran kuesioner. Melalui pembuatan Peta Persepsi terlihat bahwa Kentucky Fried Chicken memiliki keunggulan hampir diseluruh atribut. Keunggulan yang paling menonjol adalah keunggulan pada rasa ayam, pada lokasi dan pada ciri produk. Selain keunggulan terlihat pula kelemahan-kelemahannya seperti harga perpaket yang lebih mahal, kurangnya produk tambahan, dan promosi yang kurang begitu menarik konsumen. Dari preferensi (pilihan) konsumen Kentucky Fried Chicken inerupakan pilihan pertama. Faktor demogafis yang berpengaruh terhadap preferensi Kentucky Fried Chicken adalah usia, pekerjaan dan pengeluaran sedangkan jenis kelamin responden tidak berpengaruh. Persepsi mempengaruhi Preferensi, responden yang mempunyai persepsi tinggi memilih Kentucky Fried Chicken sebagai restoran yang paling sering dikunjungi. Melalui analisa posisi produk Kentucky Fried Chicken, pada saat ini Kentucky Fried Chicken menduduki posisi pertama dalam benak konsumen dan merupakan restoran yang paling sering dikunjungi dibandingkan oleh Texas Fried Chicken dan California Fried Chicken. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan dalam penentuan posisi selanjutnya Kentucky Fried Chicken sebaiknya menekankan pada rasa ayamnya, ciri khas ayamnya dan lokasi yanq strategis sesuai dengan keunggulan yang dimiliki selain memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. |