Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:40 WIB
Detail
BukuGAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL IBU PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INKLUSI
Bibliografi
Author: Ngili, Fara Imanuela Revtamya ; Pandia, Weny Savitry S. (Advisor)
Topik: Ibu; Dukungan Sosial; Adhd; Sekolah Inklusi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Saat menjalankan proses pembelajaran, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi siswa dengan ADHD yang bersekolah di Sekolah Dasar Inklusi. Tantangan tersebut biasanya muncul dari dalam diri dan juga dari luar diri, sehingga anak ADHD memerlukan dukungan sosial dari orang terdekatnya, terutama ibu. Dukungan sosial merupakan bentuk bantuan yang diberikan individu kepada individu lain yang membutuhkan. Dukungan sosial yang diberikan ibu pada umumnya akan membuat anak ADHD merasa nyaman saat belajar di sekolah maupun di rumah. Peran ibu dalam memberikan dukungan sosial menjadi hal yang signifikan dalam perkembangan anak ADHD karena mampu meningkatkan kepercayaan diri yang akan berdampak positif pada keberhasilan akademis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dukungan sosial ibu pada anak dengan ADHD yang bersekolah di Sekolah Dasar Inklusi.
?Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada tiga partisipan yang merupakan ibu dari anak ADHD berusia 6-10 tahun yang bersekolah di Sekolah Dasar Inklusi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode confirmability atau konfirmasi untuk keakuratan data. Dukungan sosial yang diberikan ketiga partisipan pada anak ADHD meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional dan dukungan penghargaan. Ketiga partisipan memiliki cara tersendiri dalam memberikan dukungan-dukungan tersebut, walaupun tindakannya berbeda, ketiga partisipan memahami apa yang menjadi kebutuhan anak ADHD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga partisipan memberikan empat aspek dukungan sosial pada anak dengan ADHD sehingga memberikan hasil yang signifikan pada perkembangan masing-masing anak, seperti adanya peningkatan kepercayaan diri anak dan juga keberhasilan pada akademis di sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)