Anda belum login :: 24 Nov 2024 03:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERBEDAAN SIKAP TERHADAP PROFESSIONAL GAMER SEBAGAI SEBUAH PROFESI PADA GENERASI MUDA DAN GENERASI TUA DI JABODETABEK
Bibliografi
Author:
IMANUEL, JEREMIAH
;
Prawiro, Ferdinand
(Advisor)
Topik:
Sikap
;
Professional Gamer
;
Esports
;
Generasi Muda
;
Generasi Tua
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007000186, JEREMIAH IMANUEL, FERDINAND PRAWIRO, PERBEDAAN SIKAP TERHADAP PROFESSIONAL GAMER SEBAGAI SEBUAH PROFESI PADA GENERASI MUDA DAN GENERASI TUA DI JABODETABEK, 22 NOVEMBER.pdf
(696.29KB;
1 download
)
202007000186_Jeremiah-Imanuel_LembarAdministrasi..pdf
(605.59KB;
2 download
)
Abstract
Esports, merupakan bidang kompetitif yang menggunakan video game sebagai sarana utama, sebagai cabang olahraga tersendiri,. Popularitas esports mulai meningkat pada awal 2000-an dan terus berkembang, hingga sekarang. Dengan perkembangan pesat industri ini, professional gamer menjadi semakin populer, yaitu mereka yang berkompetisi dalam turnamen esports, Tren ini didukung oleh meningkatnya minat generasi muda terhadap esports, yang melihat professional gamer sebagai opsi profesi yang menarik. Generasi tua cenderung lebih skeptis, dan seringkali melihat hal berbau video game sebagai hal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan sikap antara generasi muda dan generasi tua terhadap profesi professional gamer di Jabodetabek, yang seringkali dijadikan tempat untuk menyelenggarakan aktivitas esports, yang juga memiliki fasilitas dan akses teknologi yang memadai. Penelitian kuantitatif ini memiliki 259 partisipan, yang 128 berasal dari generasi muda (18-35 tahun), dan 131 dari generasi tua (65 tahun keatas), yang berdomisili di Jabodetabek. Pengambilan data partisipan dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang dibuat sendiri, yang berdasar pada tiga dimensi sikap yaitu kognitif, afektif, dan perilaku, yang dibuat dalam bentuk kuesioner dengan 23 item pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode mann whitney u-test dan analisis deskriptif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa generasi muda dan generasi tua memiliki sikap yang berbeda. Generasi muda memiliki total skor yang lebih tinggi dibanding generasi tua, menunjukan bahwa generasi muda memiliki sikap yang lebih positif dibandingkan generasi tua. Hasil uji tambahan menunjukan bahwa generasi muda juga memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai professional gamer dibandingkan generasi tua.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)