Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:06 WIB
Detail
BukuHubungan Konsepsi Belajar dan Orientasi Tujuan Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Jakarta
Bibliografi
Author: PRAJOGA, NADIRA PUTRI ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti (Advisor); Chrisnatalia, Desy (Advisor)
Topik: Mahasiswa; Konsepsi Belajar; Orientasi Tujuan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mahasiswa perlu menerapkan pendekatan belajar yang baik agar dapat menyelesaikan skripsi dengan lancar. Pendekatan belajar yang akan diterapkan oleh mahasiswa dipengaruhi oleh conception of learning (konsepsi belajar) yang dimiliki oleh mahasiswa. Salah satu variabel yang dapat memengaruhi pembentukan konsepsi belajar adalah goal orientation (orientasi tujuan) (Yokoyama & Miwa, 2020). Penelitian sebelumnya di Indonesia menyatakan bahwa mahasiswa cenderung memandang pencapaian akademis mereka hanya membutuhkan surface learning approach ketika belajar (Santosa, 2017). Peneliti belum menemukan penelitian di Indonesia yang melihat hubungan antara jenis konsepsi belajar dengan jenis orientasi tujuan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara konsepsi belajar dengan orientasi tujuan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Sampel penelitian sebanyak 275 mahasiswa S1 Perguruan Tinggi Swasta yang sedang mengerjakan skripsi di Jakarta. Konsepsi belajar diukur menggunakan Conceptions of Learning Inventory (COLI) dan orientasi tujuan diukur menggunakan Achievement Goal Scale (AGS). Teknik sampling menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Spearman’s rho.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan belas hipotesis yang dibuat terkait korelasi antara enam jenis konsepsi belajar dengan tiga orientasi tujuan, terdapat tiga hipotesis nol yang diterima. Ditemukan tiga yang tidak berkorelasi, yaitu performance-approach goal orientation dengan learning as a process not bound by time or place; performance-avoidance goal orientation dengan learning as a process not bound by time or place; performance-avoidance goal orientation dengan learning as the development of social competence. Sedangkan, jenis konsepsi belajar dan jenis orientasi tujuan lainnya saling berkorelasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)