Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP MARIE JOSEPH KELAPA GADING JAKARTA UTARA
Bibliografi
Author:
Teofilus, Yesaya
;
Nugroho, Gregorius Bambang
(Advisor)
Topik:
harga diri
;
kesejahteraan psikologis
;
siswa SMP
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yesaya Teofilus_Undergraduated Theses_2024.pdf
(2.61MB;
1 download
)
202003040027_Yesaya Teofilus_Lembar Administrasi.pdf
(1.2MB;
1 download
)
Abstract
Harga diri merupakan evaluasi atau penilaian individu dalam memandang dirinya yang memiliki sisi positif atau negatif dan menghargai semua penghargaan dari orang lain sebagai bentuk indikasi keberhargaan dirinya. Kesejahteraan psikologis merupakan sebuah pencapaian utuh dan konkret dari individu secara psikis dan sosial dalam upaya untuk merealisasikan potensi diri dalam bentuk aktualisasi diri yang sepenuhnya dan diterima oleh lingkungannya. Jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel harga diri dengan kesejahteraan psikologis dan untuk mengetahui tingkat variabel harga diri dan variabel kesejahteraan psikologis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 75. Hasil uji korelasional variabel harga diri dan kesejahteraan psikologis menunjukkan tingkat signifikansi sebesar < 0.01 dan pearson correlation berjumlah 6,94 yang menunjukkan kuatnya hubungan variabel harga diri dengan kesejahteraan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel harga diri dengan kesejahteraan psikologis. Itu berarti semakin tinggi harga diri, maka kesejahteraan psikologis juga meningkat. Tingkat harga diri peserta didik kelas IX masuk dalam kategori tinggi dan kategori sedang dalam tingkat variabel kesejahteraan psikologis. Saran bagi dosen dan Prodi Bimbingan dan Konseling dapat membuat kegiatan-kegiatan khusus untuk meningkatkan harga diri dan kesejahteraan psikologis berupa workshop/penyuluhan agar peserta didik mampu menerima dirinya apa adanya dan mengaktualisasikan dirinya di tengah masyarakat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)