Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pembelajaran matematika di Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Pascal Montessori, Bandung, dimana ditemukan adanya sebagian anak didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran ‘word problem” matematika. Berdasarkan hasil tes dan wawancara pada awal penelitian, terdapat kesenjangan antara kemampuan matematika dan pendapat anak didik terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar “word problem” matematika anak siswa Kelas Tinggi SD Pascal Montessori, Bandung dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan berupa tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan pengamatan dan tahapan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelas Tinggi SD Pascal Montessori dengan jumlah 12 peserta didik terdiri dari 8 siswa dan 4 siswi pada pembelajaran matematika dengan fokus pada masalah matematika dalam bentuk narasi sesuai Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan tercapainya nilai ketuntasan untuk hampir semua anak didik Kelas Tinggi. |