Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan cerita berbasis literasi matematika pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Subjek penelitian ini dilakukan terhadap 26 peserta didik dan 2 guru kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menambah minat baca peserta didik terutama berbasis literasi matematika. Penelitian ini menggunakan model ASSURE (Analyze Learners, State Objectives, Select Media & Materials, Utilize Media & Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise) Pada tahap pertama peneliti melakukan observasi kebutuhan peserta didik dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap 10 peserta didik dan 2 guru di kelas IV. Tahap kedua peneliti melakukan analisis instruksional dengan menyesuaikan pada materi yang akan disisipkan di dalam cerita yang akan disusun. Tahap ketiga peneliti menetapkan metode pembelajaran, media belajar, serta materi yang akan diterapkan dalam mengembangkan cerita berbasis literasi matematika yang didasari pada kebutuhan peserta didik. Tahap keempat peneliti menyusun media yang akan digunakan dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik dengan mempertimbangkan tema, alur cerita, dan materi yang sudah dipilih. Pada tahap kelima peneliti melakukan uji coba sebanyak dua kali dengan peserta didik. Uji coba pertama terdiri dari masing-masing 3 peserta didik kelas 3 dan kelas 4, dan uji coba kedua terdiri dari masing-masing 5 peserta didik kelas 3 dan kelas 4. Tahap keenam peneliti melakukan evaluasi dan revisi berdasarkan masukan yang diberikan baik melalui para ahli bahasa dan materi serta dari peserta didik yang diharapkan dapat menyempurnakan cerita yang sudah disusun berjudul “Harta Karun di Pulau Satlith” yang disisipkan konsep matematika materi faktor dan kelipatan bertemakan misteri. Hasil cerita berbasis literasi matematika ini kemudian disebarkan kepada peserta didik melalui dua kali uji coba. Pada uji coba pertama hampir semua peserta didik menyukai cerita yang sudah dibuat, namun masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang suka dikarenakan cerita yang diberikan terlalu panjang serta pada gambar masih terlalu sedikit. Melalui hasil pada uji coba pertama peneliti kemudian melakukan revisi dan perbaikan sebelum melakukan uji coba kedua. Hasilnya pada uji coba kedua seluruh peserta didik menyukai cerita yang sudah disempurnakan melalui komentar dari peserta didik pada uji coba pertama sehingga seluruh peserta didik pada uji coba kedua ini sangat menyukai dan gambar pada cerita sudah menarik dan sesuai dengan topik atau tema yang dibawakan. |