Dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar, pembelajaran diarahkan agar berpusat pada peserta didik. Proses pembelajaran IPAS didukung dengan pemilihan model-model pembelajaran yang menunjang keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru adalah model pembelajaran inkuiri. Dalam penerapan model pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi indra penglihatan manusia untuk kelas V SD, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan LKPD Berbasis Inkuiri Pada materi Indra Penglihatan Manusia dilakukan dalam lima tahapan yaitu: Tahap pertama Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan, pembelajaran IPAS di SD, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri, Penggunaan Bahan Ajar, Analisis Materi, Analisis Kurikulum, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran. Tahap kedua Perancangan (Design), Pengembangan Materi, Perancangan Desain LKPD. Tahap ketiga Pengembangan (Development) LKPD yang dilanjutkan dengan validasi ahli materi dan media serta revisi LKPD. Tahap keempat Implementasi (Implementation) yang dilakukan melalui uji coba perorangan dan uji coba lapangan. Tahap kelima Evaluasi (Evaluation), di setiap tahapan pengembangan ADDIE agar dapat merevisi produk yang sudah dikembangkan. Produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis inkuiri pada materi indra penglihatan pada manusia untuk kelas V SD dapat membantu peserta didik dalam memahami materi. Melalui peneliti ini disarankan bagi guru agar dapat menggunakan LKPD berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPAS. Bagi sekolah disarankan agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan LKPD berbasis inkuiri dalam berbagai pembelajaran. |