Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:34 WIB
Detail
ArtikelFaktor-Faktor Pendukung Kemampuan Mengelola Kelas  
Oleh: Sudarnoto, Laura F.N. ; Kurnia, Ingridwati
Jenis: Article from Papers/Makalah
Dalam koleksi: Atma Jaya Award 2010, page 1-23.
Topik: Kemampuan mengelola kelas; Kualitas kehidupan kerja; Komitmen karir; kepercayaan diri
Fulltext: 25 Feb-makalah Laura _FKIP_1.pdf (93.87KB)
Isi artikelPendidikan yang berkualitas menuntut guru memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi kepribadiaan, dan kompetensi sosial. Kemampuan guru mengelola kelas merupakan salah satu pengejawantahan kompetensi pedagogis yang sangat diperlukan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi peserta didik, sehingga mereka mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kemampuan guru mengelola kelas. Faktor yang diduga mendukung kemampuan guru mengelola kelas adalah variabel kualitas kehidupan kerja, komitmen karir, dan kepercayaan diri. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian dan skala sikap. Subjek penelitian adalah guru-guru SD negeri dan swasta yang sedang menempuh S-1 PGSD di FKIP Unika Atma Jaya. Berdasarkan penelusuran terhadap ketiga faktor pendukung tersebut diketahui adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan guru mengelola kelas, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Variabel yang paling berperan mendukung kemampuan guru mengelola kelas adalah komitmen karir. Hal ini mengimplikasikan bahwa faktor pendukung yang memungkinkan guru mampu mengelola suasana kelas dengan baik diperlukan komitmen guru terhadap karirnya sebagai profesi pendidik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)