Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berdiferensiasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4. Modul ajar yang dihasilkan diharapkan memudahkan guru dan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan topik menghargai perbedaan identitas masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan mengacu pada lima tahapan ADDIE, yaitu (1) analisis kebutuhan (analysis), (2) merancang produk awal atau draft media membaca menulis permulaan (design), (3) pengembangan media membaca menulis permulaan (development), (4) uji coba media membaca menulis permulaan (implementation), (5) evaluasi produk (evaluation). Pada penelitian ini tahap yang dilakukan hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil persentase rata-rata validitas sebesar 85,96 dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian modul ajar yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. |