Anda belum login :: 27 Nov 2024 08:02 WIB
Detail
BukuPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PAJAJARAN
Bibliografi
Author: Paska, Debora Dilla ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin; Keterampilan Komunikasi; Hasil Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Keterampilan komunikasi sebagai salah.satu.keterampilan.abad-21.yang harus dimiliki siswa. Keterampilan komunikasi diperlukan untuk menyampaikan pendapat dan gagasan seseorang secara jelas dan runtut secara lisan maupun tulis. Kurangnya keterampilan komunikasi ini juga dapat mempengaruhi hasil belajar karena kurikulum merdeka lebih menekankan kerja sama dan peningkatan kemampuan sosial dibandingkan bersikap individualisme. Maka dari itu, upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe round robin. .Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pajajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen Quasi dengan jenis desain nonequivalent group pretest-posttest. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Uji--hipotesis yang dilakukan mengenai keterampilan komunikasi yaitu “Hipotesis diterima”. Uji--hipotesis yang dilakukan mengenai hasil belajar yaitu “Hipotesis diterima”. Kemudian hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan-nilai peningkatan hasil belajar sebesar 63% yang termasuk pada kategori sedang. Ini berarti bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dari penelitian ini, dapat disarankan bagi pendidik maupun peneliti lainnya dapat menggunakan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-round robin untuk-meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil-belajar-siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)