Sikap sopan santun merupakan suatu warisan budaya leluhur suatu bangsa, oleh karena itu sangat penting untuk menanamkan kebiasaan sopan santun kepada anak.Sopan santun merupakan perilaku atau perbuatan untuk menghormati atau menghargai sesama manusia. dengan demikian diperlukan bimbingan dari guru untuk menanamkan sikap sopan santun di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun di kelas III SD Santo Leo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Santo Leo yang berjumlah 12 orang terdiri dari 8 perempuan dan 4 lelaki dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Tahap analisis data yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap sopan santun di kelas III sudah ditanamkan oleh guru sehingga siswa bisa menghormati dan menghargai guru,karyawan,teman sebaya,kakak kelas, dan semua yang ada di lingkungan sekolah SD Santo Leo. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru untuk menanamkan sikap sopan santun melalui materi pembelajaran dengan cara dikaitkan dengan penerapan sikap sopan santun di sekolah dan lingkungan sekitar. |