Dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS di kelas terkadang guru hanya berpatokan pada buku cetak, selain itu peserta didik cenderung mengerjakan latihan soal yang diberikan di papan tulis. Pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan salah satunya dengan memanfaatkan LKPD sebagai bahan ajar di dalam proses pembelajaran. LKPD yang dikembangkan oleh guru masih berisi banyak bacaan, soal-soal, dan praktikum. Namun peserta didik kelas V SD terkadang mengerjakan LKPD berisi soal yang cukup sulit untuk dikerjakan oleh peserta didik secara mandiri, peserta didik lebih menyukai LKPD yang di dalamnya tidak banyak kegiatan mengerjakan soal melainkan kegiatan lainnya yang melibatkan peserta didik secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan LKPD pembelajaran IPAS berbasis inkuiri dalam materi ancaman krisis energi di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, kuesioner, dan Focus Group Discussion (FGD) yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD berbasis inkuiri dalam materi ancaman krisis energi bagi peserta didik kelas V sekolah dasar dilakukan melalui 5 tahapan yaitu tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan dan analisis instruksional, tahap design peneliti merancang LKPD dalam bentuk storyboard dan melakukan penyusunan draft materi, tahap development peneliti mengembangkan LKPD sesuai dengan storyboard dan merancang kegiatan dengan menggunakan aplikasi canva, tahap implementation peneliti melakukan uji validasi materi dan media, lalu uji coba kelompok dan uji coba lapangan dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik. Peserta didik terlibat secara aktif di setiap kegiatannya, selain itu tampilan dan gambar yang digunakan dalam LKPD menarik, serta bahasa dan instruksi yang terdapat dalam LKPD mudah dipahami peserta didik. Tahap evaluation peneliti melakukan evaluasi disetiap tahap pengembangan dari awal hingga akhir. Melalui penelitian ini dapat menjadi acuan guru untuk membuat maupun menggunakan LKPD pembelajaran IPA berbasis inkuiri dalam pembelajaran di kelas. |