Pertumbuhan media online yang sangat cepat dan beriringan dengan perkembangan teknologi menjadikan seluruh bentuk usaha yang ada harus bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut, tidak terkecuali universitas. Unika Atma Jaya sebagai salah satu universitas di Indonesia memerlukan penggunaan media online yang dapat diakses dengan mudah dan cepat agar dapat membangun opini Masyarakat untuk mempengaruhi keputusan pendaftaran. Penelitian ini menganalisis pengaruh media online terhadap keputusan pendaftaran mahasiswa/i yang sudah menjadi bagian, dan yang baru di Unika Atma Jaya menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebar kepada mahasiswa/i aktif dan pelajar SMA di Jakarta, menggunakan skala semantik 1-7. Hasil menunjukkan bahwa media online Unika Atma Jaya berperan signifikan dalam setiap tahap AIDA, dengan variasi pengaruh di setiap media untuk menjangkau mahasiswa/i baru. Attention menunjukkan media Instagram dan website memiliki tampilan dan konten yang menarik. Interest menunjukkan informasi yang disediakan pada website dapat meningkatkan minat dan desire untuk menjadi calon mahasiswa/i baru. Action menunjukkan media website yang sudah efektif untuk mendorong keputusan pendaftaran mahasiswa/i baru untuk berkomunikasi lebih lanjut. Fitur interaktif dan konten yang menarik menjadi faktor utama dalam meningkatkan keterlibatan calon mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini, Unika Atma Jaya dapat melakukan perbaikan struktur konten, optimalisasi fitur interaktif, dan strategi pemasaran untuk meningkatkan efektivitas pemasaran secara online agar dapat menjangkau calon mahasiswa baru. |