Kampus merupakan pusat kegiatan bagi seluruh civitas akademika. Umumnya kampus terdiri dari ruangan kelas, kantor, laboratorium, perpustakaan, dan studio. Oleh karena itu, kampus menjadi lokasi yang rawan terjadi bencana kebakaran. Informasi terkait prosedur jika terjadi bencana kebakaran menjadi penting bagi pengunjung dan penghuni di lokasi yang rawan bencana. Salah satu informasi penting ketika bencana kebakaran adalah jalur evakuasi dan lokasi pintu darurat. Namun demikian, seringkali informasi terkait situasi gawat darurat tidak diketahui dan disimak oleh mahasiswa/i. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa/i Unika Atma Jaya Kampus III BSD. Salah satu cara untuk memberikan informasi terkait jalur evakuasi dan lokasi pintu darurat adalah dengan menggunakan media gim. Banyak cara untuk melakukan pengembangan gim, salah satu metode yang dipakai dalam penelitian yaitumetode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode MDLC berfokus pada konten visual yang disajikan dalam gim untuk memberikan pengalaman bermain kepada audiens. Adapun gim dalam penelitian ini dapat dikategorikan sebagai gim simulasi dan first-person berbasis di desktop atau PC. Hasil survey pengujian (user testing) dalam penelitian berikut mendapatkan nilai sebesar 4.42 dalam skala 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju). Hasil tersebut menandakan bahwa audiens setuju dengan konten visual dan informasi yang disajikan dalam gim |