Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode target costing dalam penetapan harga jual produk wall art Dreamscape pada bisnis ADS. Metode target costing diterapkan untuk menurunkan harga jual produk Dreamscape agar dapat diterima pada pasar. Data yang dianalisis meliputi harga bahan baku, struktur produk, harga pokok produksi, dan preferensi harga dari pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode target costing efektif dalam menentukan harga jual yang dapat diterima pasar dengan cara membagi menjadi 2 segmen produk, yaitu produk Dreamcape premium dan produk Dreamscape basic. Kombinasi komponen dan desain produk yang sesuai dengan keinginan konsumen diidentifikasi untuk mencapai target biaya dan margin laba yang diinginkan. Penerapan metode target costing membantu bisnis ADS dalam mengoptimalkan biaya produksi produk Dreamscape saat ini senilai Rp469.380,95 dapat ditekan menjadi senilai Rp409.380,95 untuk produk Dreamscape premium dan Rp191.380,95 untuk produk Dreamscape basic. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode target costing adalah alternatif efektif untuk menetapkan harga jual produk wall art Dreamscape, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan produk dan strategi harga di masa depan. |