Layanan jasa titip merupakan sebuah layanan yang membantu konsumen untuk mendapatkan barang di luar jangkauan. Adanya layanan jasa titip yang semakin marak dibantu juga dengan tingginya kemudahan teknologi untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan konsumen, baik dari dalam maupun luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam mendorong importir melakukan jasa titip, kemudahan bertransaksi dengan jasa titip, serta kendala yang terjadi dalam menggunakan layanan jasa titip. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data naratif, yaitu dengan meneliti individu berdasarkan makna dari cerita yang dibagikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi menggunakan layanan jastip dibagi menjadi enam bentuk, yaitu layanan yang unggul, ekonomis, situasional, demografis, sosial, dan produk. Selain itu, layanan jasa titip juga ada untuk membantu pembelian barang impor dengan proses transaksi yang mudah dan cepat, di mana kemudahan ini diklasifikasikan ke dalam empat jenis kemudahan, yaitu kemudahan untuk mengenali, kemudahan dalam navigasi, kemudahan untuk mengumpulkan informasi, serta kemudahan untuk membeli. Di sisi lain, masih terdapat kendala dalam menggunakan layanan jasa titip, seperti kurang amannya barang dalam pengiriman, terjadi kecacatan, kesalahan, atau kurangnya jumlah barang titipan, dan juga kemungkinan bermasalahnya produk dalam hal perizinan impor. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan ke depannya layanan jastip dapat semakin memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian dan pemilihan produk titipan, serta meningkatkan awareness terhadap status barang impor. |