Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:57 WIB
Detail
BukuPENGARUH JUMLAH GROUND ELECTRODE PADA BUSI TERHADAP TENAGA, TORSI, DAN EMISI PADA SEPEDA MOTOR 110 CC
Bibliografi
Author: Pangestu, Evan Sudira ; Soewono, Arka Dwinanda (Advisor)
Topik: Sepeda motor; Busi; Daya; Torsi; Emisi Gas Buang.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Busi merupakan salah satu komponen terpenting motor pembakaran dalam karena busi memiliki fungsi untuk memercikan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan juga udara yang telah terkompresi pada ruang bakar. Pergantian busi standar dengan busi aftermarket seringkali dijumpai dengan tujuan untuk meningkatkan performa dari kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak terhadap daya dan torsi yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor Honda Beat dari penggunaan busi aftermartket dengan berbagai jumlah ground electrode yang berbeda serta pengaruhnya terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa busi aftermarket dengan dua buah ground electrode menghasilkan daya sebesar 7,65 ± 0,1 hp pada putaran mesin 7400 RPM dibandingkan dengan busi standar yang menghasilkan daya sebesar 7,545 ± 0,045 hp pada putaran mesin 8100 RPM. Dan busi aftermarket dengan tiga buah ground electrode mampu menghasilkan torsi sebesar 9,015 ± 0,125 N.m pada putaran mesin 5500 RPM dibandingkan dengan busi standar yang menghasilkan torsi sebesar 8,71 ± 0,05 N.m pada putaran mesin 5400 RPM. Pengujian emisi gas buang pada kondisi mesin idle dan juga peak power menunjukkan bahwa emisi gas Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) yang merupakan hasil dari pembakaran tidak sempurna terendah dihasilkan oleh busi dengan dua buah ground electrode.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)