Industri kuliner dan perkembangan pemasaran digital mendorong Influencer Marketing menjadi salah satu alat untuk mempromosikan bisnis. Penggunaan platform seperti Instagram Reels memberikan kesempatan untuk bisnis kuliner dengan bantuan Influencer mempengaruhi perilaku konsumen generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap faktor Advertising Value dan Influencer Power terhadap konsumen generasi Z di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang menonton Instagram Reels Influencer kuliner terhadap Purchase Decision mereka. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, melalui kuesioner Google Forms sebagai data primer dengan total 250 responden yang merupakan follower Macro-Influencer kuliner. Data diolah dengan perangkat lunak SPSS 25 dan SmartPLS 3 versi 3.2.9 dengan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel independen Entertainment Value, Expertise, Trustworthiness dan Expertise berpengaruh secara langsung terhadap Purchase Decision. Namun variabel mediasi Purchase Intention, variabel independen Informative Value, Similarity tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Purchase Decision. Lalu variabel Purchase Intention hanya dapat memediasi Entertainment Value dan Expertise secara tidak langsung terhadap Purchase Decision. |