Perkembangan fenomena budaya K-pop secara global mendorong kompetisi yang ketat antarartis di industri hiburan. Komitmen dan intensitas penggemar berperan penting dalam mewujudkan kesuksesan artis K-pop di industri tersebut, sehingga sejumlah agensi berfokus untuk membangun hubungan antara artis di bawah naungan mereka dengan para penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh experiential marketing melalui Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta terhadap brand resonance New Jeans. Teori utama yang digunakan adalah Komunikasi Pemasaran, Experiential Marketing, dan Brand Resonance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif melalui metode survei. Objek penelitian ini adalah aktivitas misi pada experiential marketing Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta dan brand resonance New Jeans, sedangkan subjek penelitian ini adalah penggemar New Jeans yang mengunjungi dan berpartisipasi dalam seluruh misi Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah experiential marketing, sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah brand resonance. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sampling purposif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang berusia 17 – 25 tahun, mengikuti Instagram @newjeans_official, dan mengikuti seluruh misi di Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta antara pada tanggal 28 Juli – 6 Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing melalui Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta berpengaruh sedang, signifikan, dan positif sebesar 49,9% terhadap brand resonance New Jeans. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, peneliti memperoleh tiga temuan. Pertama, experiential marketing melalui Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta sudah memenuhi kriteria efektivitas experiential marketing. Kedua, New Jeans telah mencapai brand resonance, tetapi brand resonance tersebut masih dapat ditingkatkan. Ketiga, pengaruh experiential marketing melalui Bunnyland Lotte Shopping Avenue Jakarta terhadap brand resonance New Jeans menunjukkan bahwa experiential marketing pada event tersebut efektif dan melengkapi implementasi tahap-tahap brand resonance model oleh New Jeans. |