Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) merupakan sebuah penyakit yang dapat muncul mulai dari masa kanak-kanak. Penyakit ini merupakan gabungan dari ketiga gangguan kesehatan, yaitu kesulitan untuk fokus, hiperaktivitas, dan impulsivitas. Terapi bermain merupakan salah satu metode terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala ADHD. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan komputer sebagai terapi bermain untuk anak-anak ADHD berumur 6-12 tahun. Permainan ini dibuat dengan game engine Unity dan memiliki 6 level interaktif yang dapat melatih satu atau beberapa gejala ADHD. Pengujian awal permainan dilakukan terhadap orang tanpa diagnosis ADHD menggunakan statistika deskriptif. Setelah itu, pengujian permainan baru dilakukan kepada pasien ADHD. Di tahap ini akan diamati juga seberapa menyimpang data bermain pasien ADHD dari rata-rata data bermain orang tanpa ADHD. Pada Tugas Akhir ini, diperoleh data bermain rata-rata orang tanpa diagnosis ADHD serta kesimpulan bahwa permainan membawa efek yang cukup signifikan dalam melatih fokus dan impulsivitas pada pasien ADHD. |