Industri food & beverage merupakan industri yang sangat berkembang, sehingga terdapat jenis usaha baru yang muncul tentunya dengan konsep dan produk yang disesuaikan dengan selera konsumen. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi usaha kopitiam khususnya usaha KDRT, karena dengan jenis usaha yang sudah cukup dikenal oleh konsumen tidak menjamin usaha tersebut akan terus berkembang. Selain itu lokasi menjadi salah satu faktor penting bagi usaha kopitiam meraih target konsumen yang dituju. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar menemukan strategi usaha yang tepat digunakan untuk meningkatkan persaingan usaha. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuisioner sebagai metode pengambilan data. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen strategis untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terdapat 5 alternatif strategi dengan prioritas strategi yakni dengan meningkatkan SDM sehingga produk dan layanan semakin terjamin. |