Anda belum login :: 27 Nov 2024 01:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN DAN SIMULASI GABUNGAN CHASSIS LADDER FRAME DENGAN MONOCOQUE
Bibliografi
Author:
Satryantha, Josaphat Febrian
;
Darmawan, Marten
(Advisor);
Soewono, Arka Dwinanda
(Advisor)
Topik:
Kendaraan
;
Kenyamanan
;
Konstruksi
;
Penggabungan
;
Sasis
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Josaphat Febrian Satryanatha_Undergraduated Theses_2024.pdf
(3.36MB;
1 download
)
202004510029_Josaphat Febrian Satryanatha_Lembar Administrasi.pdf
(875.5KB;
0 download
)
Abstract
Kendaraan menggunakan berbagai macam jenis sasis / rangka yang bersifat sebagai tulang punggung. Umumnya jenis sasis yang ditemukan dalam kendaraan sehari-hari adalah sasis monocoque dan ladder frame. Ladder frame memberikan konstruksi yang mudah serta kemampuan menggunakan berbagai jenis bodi, namun tidak memberikan kenyamanan berkendara. Monocoque memberikan kelenturan serta kenyaman dari segi aspek berkendara dan sebagai penumpang, namun terbatasi untuk jenis bodi yang digunakan serta konstruksi yang rumit. Tujuan dari penelitian dan uji coba ini adalah untuk mencoba menggabungkan kedua jenis sasis tersebut dan membandingkan hasilnya dengan harapan bisa mendapatkan konstruksi mudah dan kemampuan menggunakan berbagai jenis bodi namun nyaman untuk ditumpangi dan memberikan kesan berkendara yang enak untuk supir. Modifikasi yang dilakukan adalah pemisahan antara komponen kaki-kaki yang umumnya di las dengan rangka utama dengan menggunakan bantalan karet / bushing yang umumnya digunakan pada rangka monocoque. Setelah simulasi, didapatkan bahwa penggunaan elemen monocoque mampu mengurangi stress yang dialami rangka sebesar 30% dalam pembebanan ringan dan 3% dalam pembebanan berat jika dibandingkan dengan rangka ladder frame, menghasilkan rangka yang lebih kuat. Adanya modifikasi juga membuat rangka lebih fleksibel dikarenakan peregangan yang sepenuhnya dialami kaki-kaki sebesar 20% sehingga mampu memberikan kenyamanan pada penumpang karena semua energi yang diserap terlebih dahulu pada komponen kaki-kaki.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)