Kesadaran akan pengungkapan CSR di dalam perusahaan semakin meningkat, terutama saat pandemi COVID-19 melanda. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh kewajiban untuk mengungkapkan, namun perusahaan juga sudah merasakan efek positif jangka panjangnya. Maka, perusahaan semakin mempromosikan penerapan CSR dalam operasi mereka sehari-hari supaya bisa mendapatkan efek positif tersebut. Penelitian ini menganalisis dampak pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas perusahaan pada tahun 2021-2023 yaitu periode pemulihan pasca COVID-19. Analisis ini dilakukan dengan melihat pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur 2021-2023 yang diproksikan dengan (1) ROA, (2) ROE, dan (3) NPM dengan menggunakan Leverage (DER) sebagai variabel moderasi. Metode analisis penelitian menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap ROA, ROE, dan NPM. Keberadaan Leverage memperlemah hubungan CSR terhadap ROA, namun tidak memoderasi hubungan CSR dengan ROE dan NPM. |