Bisnis internasional merupakan aktivitas bisnis lintas negara yang dilakukan oleh banyak perusahaan termasuk perusahaan multinasional. Perusahaan yang melakukan bisnis internasional harus bertahan agar mendapatkan untung bagi perusahaan ataupun negara yang di tempati. PetroChina merupakan perusahaan hulu migas yang termuka di daerah tiongkok, PetroChina sudah menempati beberapa negara untuk melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu PetroChina harus memiliki strategi adaptasi yang benar agar dapat bertahan dalam melakukan bisnis internasional di negara lain. Strategi adaptasi untuk perusahaan multinasional terbagi menjadi dua yaitu strategi adaptasi multinasional dan regional. Ada perbedaan dalam konteks pasar, produk, pemasaran dan lokasi aktivitas perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mewawancarai narasumber yang berada di perusahaan multinasional dan mengerti akan hal yang menjadi topik penelitian skripsi. PetroChina merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang hulu migas (minyak dan gas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PetroChina memakai strategi adaptasi regional yaitu dengan cara tetap menjadi perusahaan hulu migas di Indonesia, tetap mengelola minyak dan gas, PetroChina juga memasarkan hasil pengelolaan kepada perusahaan nasional dengan cara melakukan kerja sama, dan PetroChina juga melakukan serangkaian aktivitas perusahaan penuh di Indonesia. |