Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
BELAJAR BERKATEKESE TENTANG NILAI PERSAUDARAAN UNTUK ANAK-ANAK TUNARUNGU USIA 9-12 TAHUN DENGAN PENDEKATAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (STUDI DI SLB-B KELAS 4 SD PANGUDI LUHUR)
Bibliografi
Author:
Tjahaja, Liria
(Advisor);
MARDIONO, MARKUS
Topik:
Kata-kata kunci: Tunarungu
;
MMR
;
Persaudaraan
;
Katekese
;
Relawan pendamping
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201903030014_Markus Mardiono_lembar administrasi.pdf
(311.76KB;
2 download
)
Markus Mardiono_Undergraduated Thesis_2024-.pdf
(937.1KB;
4 download
)
Abstract
Anak tunarungu yang termasuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan wicara dan pendengaran. Maka dari itu anak tunarungu harus belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya agar dapat hidup berdampingan dengan anggota masyarakat yang lain. Sarana komunikasi yang efektif untuk bisa berkomunikasi dengan sesamanya adalah dengan komunikasi oral yang dalam pendidikan di SLB-B dikenal dengan istilah Metode Maternal Reflektif (MMR). Bertolak dari penelitian di SLB-B Pangudi Luhur dijumpai bahwa anak tunarungu harus siap untuk hidup di tengah masyarakat yang heterogen. Oleh karena itu, perlu membantu anak-anak tunarungu untuk membangun nilai-nilai hidup persaudaraan. Melalui penelitian ini, upaya untuk membangun nilai-nilai hidup persaudaraan untuk anak-anak tunarungu katolik adalah melalui proses katekese atau pendidikan iman. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada relawan pendamping anak-anak tunarungu agar terampil berkatekese kepada anak tunarungu dengan pendekatan MMR. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pengambilan datanya dilakukan dengan tehnik observasi dan wawancara. Dengan metode ini penulis dapat mendeskripsikan seluruh situasi nyata anak tunarungu yang harus dihadapi oleh para pendidik, beserta tanggapan para pendidik terhadap kondisi anak tunarungu. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah modul pelatihan katekese yang ditujukan bagi para relawan pendamping yang disiapkan untuk berkatekese bagi anak-anak tunarungu.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)