Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Kampanye Politik, Ketertarikan Politik, dan Kebiasaan Menggunakan Media terhadap Partisipasi Politik Online Pemilih di DKI Jakarta (Kajian Kampanye Politik Prabowo-Gibran di Pilpres 2024)
Bibliografi
Author:
Munthe, Angelina Priscilla Silviana
;
Simarmata, Salvatore
(Advisor)
Topik:
Kampanye Politik
;
Partisipasi Politik Online
;
Pemilu
;
Media
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Angelina Priscilla Silviana Munthe_Undergraduated Theses_2024.pdf
(4.29MB;
2 download
)
202002020117_Angelina Priscilla Silviana Munthe_LembarAdministrasi.pdf
(283.2KB;
1 download
)
Abstract
Kampanye politik Prabowo-Gibran dilakukan secara offline dan online. Kampanye offline dilakukan dengan kampanye akbar di GBK yang dihadiri oleh 600 ribu orang. Kampanye online dilakukan dengan animasi AI (Artificial Intellegence) yang menunjukkan kesan menggemaskan dengan istilah “gemoy” dan joget khas Prabowo Subianto dengan lagu berjudul “Oke Gas 2” yang viral di berbagai media sosial seperti: Tik-tok, Instagram, Facebook, dan X (twitter) yang kemudian disebarluaskan oleh banyak orang. Hal ini melibatkan banyak partisipasi politik masyarakat di media online. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan survei yang melibatkan 200 responden berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dalam bentuk link google form dan disebarkan secara online melalui WhatsApp dan direct message Instagram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat dua variabel yaitu pengaruh kampanye politik dan kebiasaan menggunakan media secara positif signifikan terhadap partisipasi politik online pemilih di DKI Jakarta. Selanjutnya, dapat disimpulkan pengaruh ketertarikan politik secara positif dan tidak signifikan terhadap partisipasi politik online pemilih di DKI Jakarta. Kesimpulan terakhir adalah terdapat pengaruh kampanye politik, ketertarikan politik, dan kebiasaan menggunakan media secara bersama-sama dan positif signifikan terhadap partisipasi politik online pemilih di DKI Jakarta.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)