Buttonscarves merupakan salah satu merek lokal di Indonesia yang melakukan kegiatan komunikasi pemasaran di Malaysia, Singapura, maupun negara-negara di luar Asia Tenggara seperti Amerika Serikat dan Inggris. Perkembangan komunikasi pemasaran Buttonscarves menjadikan iklan sebagai salah satu cara mereka dalam mempromosikan produk. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara iklan terhadap brand awareness Buttonscarves. Teori yang digunakan yaitu, Iklan dengan indikator Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication serta teori Brand Awareness dengan indikator Unaware of Brand, Brand Recognition, Brand Recall, dan Top of Mind. Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji Regresi Linear Sederhana pada kedua variabel yakni, variabel Iklan (X) dan Brand Awareness (Y). Responden penelitian ini adalah wanita karir berhijab yang merupakan pengguna media sosial. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 92% dan taraf kekeliruan sebesar 8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan antara variabel iklan terhadap brand awareness. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada hasil olah data yang dianalisis melalui program IBM SPSS yang menghasilkan persamaan: Y=9,604+0,456X, dengan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 48,4%, sementara 51,6% dari variabel Brand Awareness dipengaruhi oleh faktor lain. |