Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:36 WIB
Detail
BukuANALISIS IMPLEMENTASI KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENGATASI KENAKALAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CISAUK, PROVINSI BANTEN
Bibliografi
Author: JESSICA, THEODORA ; Siahaya, Isabella Astrid (Advisor)
Topik: Implementasi Kurikulum Merdeka; Kampanye Perubahan Perilaku; Kenakalan Siswa; Profil Pelajar Pancasila; Yel-Yel
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perilaku menyimpang kerap dilakukan oleh siswa sekolah saat ini, perilaku tersebut di antaranya aksi bullying berupa kekerasan fisik dan verbal. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan produk sosial berupa nilai Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan mampu mengatasi masalah sosial yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kampanye perubahan perilaku Profil Pelajar Pancasila untuk mengatasi kenakalan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar, di bawah naungan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus X, di Kecamatan Cisauk, Provinsi Banten. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku sosial, komunikasi pemasaran, pemasaran sosial, dan sasaran pemasaran sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif yang didukung menggunakan triangulasi sumber. Peneliti melalukan wawancara terhadap lima orang siswa, lima orang guru, dan satu orang praktisi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk sosial berupa nilai Profil Pelajar Pancasila telah diperkenalkan oleh guru kepada siswa di KKG Gugus X Kec. Cisauk melalui berbagai cara seperti yel-yel dan ekstrakurikuler yang disesuaikan di setiap sekolahnya. Produk sosial yang telah diterapkan kurang lebih enam bulan belum secara signifikan berdampak. Hal tersebut disebabkan karena waktu penerapan yang tergolong singkat dan channel penerapan produk sosial yang belum menjangkau pada lingkup sosialisasi yang paling kecil yaitu, lingkup keluarga. Sehingga perlunya promosi yang lebih mendalam agar pesan mengenai produk sosial dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)