Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGARUH GAMIFIKASI TERHADAP COGNITIVE LOAD MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PSIKOMETRI FAKULTAS PSIKOLOGI
Bibliografi
Author:
Josephine, Calista
;
Halim, Magdalena Surjaningsih
(Advisor)
Topik:
gamifikasi
;
cognitive load
;
usaha mental.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007510007_Calista Josephine_LembarAministrasi.pdf
(344.46KB;
1 download
)
202007510007_CALISTA JOSEPHINE_DR. MAGDALENA S. HALIM, PSIKOLOG_PENGARUH GAMIFIKASI TERHADAP COGNITIVE LOAD MAHASISWA_7AGUSTUS2024.pdf
(484.47KB;
5 download
)
Abstract
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan pada proses pembelajaran mahasiswa adalah cognitive load, atau beban kognitif. Cognitive load merupakan konstruk psikologis tentang proses pemahaman informasi dalam melakukan tugas atau arahan yang diberikan secara eksternal. Hal ini berkaitan langsung dengan usaha mental pada memori kerja ketika memproses informasi yang diterima. Pada konteks pembelajaran, penting untuk mempertahankan usaha mental pada tingkat optimal agar proses belajar berlangsung lebih efisien. Metode pembelajaran bisa dibuat lebih sederhana dengan instruksi yang mudah untuk ditangkap pelajar. Gamifikasi bisa menjadi alternatif metode ketika pengajar membawakan materi, dengan melibatkan sistem permainan untuk memahami materi perkuliahan.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh gamifikasi terhadap penurunan tingkat cognitive load mahasiswa yang mengambil mata kuliah (MK) psikometri. Dilakukan eksperimen model pre-posttest pada dua kelompok untuk melihat perbedaan tingkat cognitive load. Peneliti menggunakan alat ukur Multidimensional Cognitive Load Scale for Physical and Online Learning pada 32 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 16 pada kelompok eksperimen dan 16 lagi pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t independen.
Hasil menunjukkan tidak ada pengaruh gamifikasi dalam penurunan tingkat cognitive load mahasiswa. Walau begitu, penelitian ini bisa menjadi landasan dalam memahami metode gamifikasi terhadap beban kognitif pelajar. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan kemampuan intelektual serta karakteristik mahasiswa ketika belajar. Selain itu, penelitian bisa dilakukan pada subjek atau mata kuliah lain yang berhubungan dengan kemampuan logika.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)