Po.thang merupakan usaha yang bergerak pada bidang kuliner. Produk yang ditawarkan oleh Po.thang adalah es krim potong, dimana es krim potong merupakan jajanan tradisional yang digemari masyarakat hingga saat ini. Es krim potong dari Po.thang merupakan es krim potong sehat yang menggunakan pemanis alami, low calorie dan tanpa bahan pengawet. Hal ini membuat produk Po.thang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Po.thang menjual es krim potong yang unik dalam variasi penyajian dan penjualan produknya, sebab Po.thang menyajikan dua sistem penjualan produk yaitu always in stock dan limited edition. Untuk always in stock merupakan sistem penjualan yang di mana produk dan pilihan rasa es krim potong yang ada merupakan pilihan rasa klasik es krim potong tradisional. Sedangkan untuk limited edition merupakan wujud modern dari es krim potong tradisional, yaitu terdapat tema-tema tersendiri yang juga memiliki bentuk, varian dan rasa yang berbeda, dengan menyesuaikan tema yang sedang berlangsung. Po.thang menggunakan stevia sebagai pemanis, susu low fat dan sari buah-buahan alami yang premium, sehingga menjadikan Po.thang sebagai es krim potong sehat dan berkualitas. Sebagai bentuk UMKM Po.thang bergerak pada sektor makanan, yang dimana saat ini sedang menjadi tren bisnis di Indonesia. Dengan melihat pola konsumsi dan pengeluaran masyarakat perkapita di provinsi Indonesia, Po.thang memiliki potensi yang baik untuk bersaing di pasar. Po.thang akan menjalankan bisnisnya di wilayah Tangerang Selatan. Berdasarkan survei kuesioner, Po.thang mendapat respon yang positif dan memiliki peluang untuk bersaing dalam bisnis. Po.thang memiliki target pasar yang ditujukan kepada masyarakat yang menyukai makanan dan minuman manis, masyarakat yang concern terhadap kesehatan, masyarakat yang menyukai es krim dan masyarakat yang mengikuti tren makanan kekinian, dengan pemasaran online melalui media sosial dan offline melalui gerai Po.thang yang terletak di ITC BSD. Po.thang memiliki dua kegiatan operasional, yaitu kegiatan operasional yang dilakukan di rumah produksi dan kegiatan operasional gerai, yang dilakukan di gerai offline Po.thang. Terdapat struktur organisasi dari Po.thang yang masing-masing bekerja sesuai jobdecs yang telah dirancang, yaitu pemilik, staf produksi, staf penjualan, staf administrasi, dan staf marketing. Po.thang akan terus melakukan inovasi seiring dengan berkembangnya usaha. Rencana inovasi Po.thang adalah melakukan inovasi produk dan sistem penjualannya yaitu menghadirkan varian tema yang menyesuaikan dengan tren dan menghadirkan penjualan dalam jumlah besar dan produk spesial pada event-event tertentu. Inovasi ini selain untuk mengembangkan usaha, juga bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dan meningkatkan penjualan pada Po.thang. Po.thang memproduksi es krim potong setiap hari. Penulis telah melakukan perhitungan rancangan keuangan, sehingga dapat terlihat gambaran pendapatan dan keuntungan yang diperoleh Po.thang. Kemudian, setelah melakukan analisis perhitungan dan rencana keuangan, Po.thang memiliki payback period yaitu 5.2 bulan. |