Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:35 WIB
Detail
BukuGAMBARAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL CONTENT CREATOR ERA PANDEMI COVID-19 BIDANG INDUSTRI KREATIF ERA PANDEMI COVID-19 DI DKI JAKARTA
Bibliografi
Author: TURNIP, MONICA MUTIARA MIRACLE ; Utama, Johanes Seno Aditya (Advisor)
Topik: Psychological Capital; Content Creator; Self-Efficacy; Optimism; Resilience; Hope; Content Creator Pandemi Covid-19
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pandemi Coronaviruses Disease 19 (COVID-19) nyatanya membawa dampak jenuh pada sebagian masyarakat namun juga membawa dampak positif yaitu kreativitas yang memunculkan beberapa kegiatan atau pekerjaan positif antara lain sebagai content creator. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman mengenai peluang dan tantangan yang dihadapi content creator dan gambaran aspek-aspek PsyCap pada seorang content creator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai empat orang content creator yang mengawali karir era pandemi COVID-19. Metode analisis yang digunakan adalah data analisis tematik dengan mengidentifikasi, menganalisa data, dan menyajikan tema atau pola-pola dari data yang didapatkan sesuai dengan tujuan penelitian.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa content creator yang mengawali karir era pandemi COVID-19 memiliki peluang dan tantangan yang dihadapi. Pada hasil penelitian yang dilakukan, tantangan yang dihadapi oleh seorang content creator antara lain adanya kesulitan dalam proses pembuatan content, terbatasnya waktu yang dimiliki dalam pembuatan content, adanya persaingan dengan pendatang baru, algoritma content pada platform. Peneliti juga menemukan bahwa profesi content creator juga memiliki peluang antara lain memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan, kesempatan untuk terus belajar dan berkembang untuk meningkatkan content yang menarik serta relevan, mendapatkan komunitas baru yang lebih luas.
Dalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa aspek-aspek Psychological Capital (PsyCap) yaitu self-efficacy, optimism, hope, dan resilience nyatanya membantu content creator dalam menghadapi tantangan dan meningkatkan peluang dalam berkarir. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa salah satu aspek Psychological Capital (PsyCap) yaitu self-efficacy nyatanya dominan muncul pada keempat subjek penelitian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)