Anda belum login :: 23 Nov 2024 16:08 WIB
Detail
ArtikelKebijakan Persaingan Usaha di Indonesia  
Oleh: Aswicahyono, Haryo ; Kartika, Pratiwi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Analisis CSIS vol. 41 no. 2 (Jun. 2012), page 248-264.
Topik: Kebijakan Persaingan; Persaingan Usaha; Perekonomian Indonesia
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: AA74
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSejarah perekomian Indonesia menunjukkan bahwa dalam tiga dasawarsa terakhir arah kebijakan yang bersifat pro=persaingan sehat dan anti-persaingan sehat selih berganti. Tulisan ini bertujuan melihat gambaran umum iklim persaingan usaha di Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Hasilnya adalah sebagai berikut. Performa industri manufaktur tidak menunjukkan adanya persaingan tidak sehat. Penetrasi produk impor serta meningkatnya kepemilikan asing dalam industri adalah sebagian indikatornya. Kebijakan perdagangan internasional untuk barang relatif cukup terbuka tetapi untuk jasa masih tertutup. Kebijakan perdagangan dalam negeri tidak terkoordinasi sehingga mengganggu iklim persaingan bisnis. Masih banyak keberadaan BUMN yang tidak menciptakan suasana persaingan sehat dalam pasar karena proses privatisasi BUMN yang tidak berjalan cepat. Mengenai UU Persaingan Usaha yang telah diimplementasikan selama lebih dari 10 tahun, beberapa kekurangan UU tersebut perlu diatasi. Diantaranya adalah regulasi UU atas struktur industri bukan pada perilaku usaha yang menyimpang, menganggap semua perjanjian integrasi vertikal sebagai tindakan anti persaingan, mengecualikan koperasi dan BUMN, dan tidak mencakup kebijakan-kebijakan pemerintah yang anti persaingan. Oleh karena itu, tulisan ini merekomendasikan amandemen UU Persaingan Usaha untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut. Adapun salah satu penghalang bagi terciptanya persaingan sehat di Indonesia adalah kurangnya pemahaman seluruh pihak atas manfaat persaingan usaha bagi kesejahteraan pelaku usaha dan konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)