Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS DAN GREEN PURCHASE BEHAVIOR PADA GENERASI BABY BOOMER DI DKI JAKARTA
Bibliografi
Author:
Leonard, Erick
;
Adishesa, Made Syanesti
(Advisor)
Topik:
Environmental Consciousness
;
Green Purchase Behavior
;
Baby Boomer
;
Korelasi
;
DKI Jakarta
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007510102, ERICK LEONARD, MADE SYANESTI ADISHESA, HUBUNGAN ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS DAN GREEN PURCHASE BEHAVIOR PADA GENERASI BABY BOOMER DI DKI JAKARTA, 31 JULI 2024.pdf
(1.44MB;
0 download
)
202007510102_Erick Leonard_LembarAdministrasi.pdf
(447.34KB;
0 download
)
Abstract
Perubahan iklim yang terjadi di dunia menjadi permasalahan salah satu ancaman terhadap lingkungan dan kehidupan manusia. Salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim adalah efek rumah kaca. Menurut penelitian Climate Watch (2019) menunjukkan Indonesia menduduki peringkat kelima dunia dalam penghasil gas rumah kaca pada tahun 2019. Produk ramah lingkungan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan alam. Sehingga, perlu dilakukan pembelian barang hijau untuk menyokong keberlangsungan lingkungan. Namun, banyak orang lebih memilih menggunakan produk konvensional karena lebih nyaman, praktis dan murah. Sehingga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk menggunakan produk hijau. Generasi baby boomer menunjukkan sikap kurang mendukung keberlanjutan dan kurang cenderung melakukan pembelian barang hijau dibandingkan generasi lainnya. Sehingga, baby boomer menjadi subjek penelitian yang menarik diteliti. Pertanyaan dari penelitian ini adalah apakah terhadap hubungan antara environmental consciousness dan green purchase behavior pada generasi baby boomer di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi eksplanatori. Karakteristik yang dituju dalam penelitian ini adalah generasi baby boomer yang tinggal di DKI Jakarta. Partisipan yang diperoleh berjumlah 123 individu menggunakan penyebaran kuesioner menggunakan google form dan kertas secara luring. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu environmental consciousness scale dan green purchase behavior scale. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara environmental consciousness dan green purchase behavior. Selain itu, dimensi environmental consciousness yaitu general belief, information/knowledge dan personal attitude juga menunjukkan hubungan positif signifikan terhadap green purchase behavior.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)