Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:53 WIB
Detail
BukuHubungan Fear of Missing Out dan Kecenderungan Impulse Buying Perempuan Dewasa Awal Pengguna Skincare Pemutih Bahan Berbahaya
Bibliografi
Author: AZARIA, JACINDA ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Fear of Missing Out; Kecenderungan Pembelian Impulsif; Skincare Pemutih Berbahaya
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Industri kecantikan berkembang pesat dalam pertumbuhan ekonomi saat ini, terutama dalam hal produk skincare, namun tidak semua produk skincare yang berfungsi sebagai pemutih aman untuk digunakan. Hal ini telah mengubah cara orang berbelanja, dengan memilih produk yang didasari tren standar kecantikan di Indonesia yaitu memiliki kulit putih, sehingga mengakibatkan konsumen sering merasa khawatir tertinggal oleh tren. Konsumen cenderung mengikutinya karena gengsi, tanpa mempertimbangkan aspek keamanan. Perilaku konsumen dalam memilih produk skincare bisa menjadi impulsif karena dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara fear of missing out dengan kecenderungan pembelian impulsif pada perempuan dewasa awal pengguna skincare bahan berbahaya. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Menggunakan teknik convenience sample, peneliti mengumpulkan 119 responden berusia 18 hingga 42 tahun di Indonesia yang menggunakan skincare pemutih bahan berbahaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah Fear of Missing Out Scale dan Impulse Buying Tendency Scale yang telah disesuaikan dengan konteks penelitian. Aplikasi JASP membantu peneliti menganalisis data menggunakan teknik statistik korelasional, statistik deskriptif beserta kategorisasi, dan uji beda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel fear of missing out dengan impulse buying. Penelitian ini menunjukkan mayoritas responden yang menggunakan skincare pemutih bahan berbahaya memiliki tingkat fear of missing out dan impulse buying tendency pada kategori sedang. Terdapat hasil uji beda yang menunjukkan data demografis memiliki hubungan yang signifikan dengan kedua variabel. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi edukasi konsumen mengenai konsumsi produk skincare pemutih dengan bahan berbahaya dan faktor yang memengaruhinya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)