Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:35 WIB
Detail
BukuHubungan Purchase Intention Fast Fashion Dengan Kepercayaan Antroposentrisme Pada Individu Usia Produktif
Bibliografi
Author: Kaligis, Kezia Natalie Chrisani ; Adishesa, Made Syanesti (Advisor)
Topik: Purchase intention; fast fashion; antroposentrisme; lingkungan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Fenomena fast fashion yang menawarkan harga terjangkau dan siklus mode cepat memiliki pengaruh buruk terhadap lingkungan. Fast fashion merupakan salah satu penghasil limbah dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Kepercayaan antroposentrisme, yang menempatkan manusia sebagai pusat alam semesta, mendorong perilaku egosentris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara purchase intention fast fashion dan kepercayaan antroposentrisme pada individu usia produktif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada 232 partisipan usia produktif (18-64 tahun) yang tinggal di kota besar pada Pulau Jawa, dan pernah membeli atau mengetahui fast fashion. Data diperoleh menggunakan alat ukur Purchase Intention dan Anthropocentric Beliefs Scale-8 (ABS-8). Peneliti mengolah data menggunakan teknik analisis Spearman Correlation dan Mann-Whitney U-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel purchase intention produk fast fashion berkorelasi positif dengan kepercayaan antroposentrisme. Namun, signifikansi kedua variabel tidak bergantung pada jenis kelamin atau pengeluaran bulanan partisipan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap masyarakat dapat mulai melestarikan lingkungan dari aspek membeli dan memilih pakaian atau berpenampilan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)