Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:13 WIB
Detail
BukuGambaran Kecenderungan Pembelian Impulsif pada Emerging Adults Pengguna Pay Later di Platform E-Commerce
Bibliografi
Author: Dewanto, Priscilla ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: kecenderungan pembelian impulsif; emerging adults; pay later
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan e-commerce di Indonesia telah membawa dampak signifikan dengan pertumbuhan pesat jumlah pengguna dan popularitas layanan pay later. Layanan ini memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa secara online dengan pembayaran yang bisa ditangguhkan dalam jangka waktu tertentu, menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas dalam bertransaksi. Namun, popularitas pay later juga menghadirkan tantangan baru, terutama terkait dengan pembelian impulsif khususnya di kalangan emerging adults. Karakteristik emerging adults, seperti eksplorasi identitas dan ketidakstabilan, dapat mendorong mereka untuk langsung berbelanja tanpa melakukan pertimbangan yang matang karena kemudahan pay later. Berdasarkan paparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecenderungan pembelian impulsif emerging adults pengguna pay later di platform e-commerce.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan teknik convenience sampling untuk mengumpulkan partisipan penelitian. Partisipan penelitian ini terdiri dari 246 emerging adults yang berusia 18-25 tahun di Indonesia yang pernah menggunakan metode pembayaran pay later saat berbelanja di platform e-commerce. Alat ukur yang digunakan adalah Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS) yang sudah disesuaikan dengan konteks metode pembayaran pay later di platform e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif serta kategorisasi, korelasi, dan uji beda sebagai bagian dari analisis tambahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas partisipan penelitian yang menggunakan pay later pada platform e-commerce memiliki tingkat kecenderungan pembelian impulsif yang tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dimensi afektif pada variabel kecenderungan pembelian impulsif lebih kuat dibandingkan dengan dimensi kognitif. Temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mendidik konsumen emerging adults agar lebih bijak dalam menggunakan pay later.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)