Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)
Bibliografi
Author:
Caroline, Stephanie
;
Widyawati, Yapina
(Advisor)
Topik:
ADHD
;
keterlibatan orang tua
;
proses belajar.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007510068, STEPHANIECAROLINE, Dr. Yapina Widyawati, M.Psi., Psikolog, GAMBARAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK ADHD, 31JULI2024.pdf
(409.62KB;
2 download
)
202007510068_STEPHANIECAROLINE_Lembaradministrasi.pdf
(610.35KB;
0 download
)
Abstract
Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD memiliki karakteristik inatentif, hiperaktif, dan impulsif yang ditunjukkan dengan adanya kesulitan untuk duduk diam dan mempertahankan fokus. Dengan demikian, anak ADHD membutuhkan usaha lebih besar dalam proses belajar dan keterlibatan orang tua akan sangat membantu dalam hal ini. Namun, kenyataannya banyak orang tua yang tidak dapat terlibat langsung dalam proses belajar anak dengan ADHD. Penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa hambatan yang orang tua alami. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menemukan bahwa pemahaman yang kurang terhadap Anak Berkebutuhan Khusus membuat orang tua yang menyerahkan anak sepenuhnya kepada sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak dengan ADHD beserta hambatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tematik analisis. Kriteria partisipan penelitian adalah ayah atau ibu yang paling terlibat dalam proses belajar anak dan memiliki anak dengan ADHD di jenjang Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara dan data diolah dengan strategi analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di tiap partisipan dalam proses belajar anak dengan ADHD sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kedalaman orang tua dalam mencari informasi, situasi sekolah, dan keterbukaan komunikasi antara sekolah dan orang tua. Oleh karena itu, dapat dilihat bahwa orang tua, komunitas, dan sekolah perlu berkolaborasi untuk mendukung proses belajar anak dengan ADHD. Selain itu, dalam proses kolaborasi, terdapat juga beberapa hambatan yang dirasakan orang tua, seperti sekolah yang kurang mendukung, kelelahan, dan finansial.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)