Anda belum login :: 17 Feb 2025 14:14 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN MONEY SCRIPT DAN PERILAKU KONSUMTIF GEN Z YANG SUDAH BERPENGHASILAN DI DKI JAKARTA
Bibliografi
Author: KRISTIAN, JO NATHAN ; Kembaren, Esther Muliana (Advisor)
Topik: money script; perilaku konsumtif; gen Z; DKI Jakarta; kuantitatif; KMSI-R
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara money script (keyakinan terhadap keuangan yang mempengaruhi perilaku keuangan seseorang) dan perilaku konsumtif gen Z yang sudah memiliki penghasilan sendiri di DKI Jakarta. Gen Z yang lahir pada tahun 1997-2012, cenderung memiliki perilaku konsumtif tinggi karena paparan internet, media sosial, dan teknologi, serta kemudahan e-commerce dan fitur pinjaman daring. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa terdapat hubungan antara keempat dimensi money script, yaitu money avoidance (uang diasosiasikan dengan hal buruk), money worship (uang adalah solusi segala permasalahan), money status (menilai orang dari kekayaannya), serta money vigilance (kewaspadaan terkait uang) dan perilaku konsumtif gen Z yang sudah berpenghasilan di DKI Jakarta.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 102 responden gen Z berpenghasilan di DKI Jakarta, dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup alat ukur Klontz Money Script Inventory-Revised (KMSI-R) yang diadaptasi ke bahasa Indonesia dan alat ukur perilaku konsumtif. Reliabilitas dan validitas alat ukur diuji dan analisis data dilakukan menggunakan korelasi pearson dan spearman, tergantung normalitas distribusi data.

Hasil penelitian menunjukkan korelasi signifikan antara beberapa dimensi money script dan perilaku konsumtif. Money worship memiliki korelasi signifikan rendah (r=0.317, p=0.001), money status menunjukkan korelasi signifikan moderat (rs=0.365, p<.001), money vigilance memiliki korelasi signifikan negatif rendah (rs=-0.225, p=0.023), namun money avoidance tidak memiliki korelasi yang signifikan (rs=0.024, p=0.813). Walaupun korelasinya kurang kuat, penelitian ini mendukung hipotesis adanya hubungan antara tiga dimensi money script dan perilaku konsumtif gen Z berpenghasilan di DKI Jakarta. Peneliti menyarankan untuk meningkatkan pemahaman terkait money script dalam pendidikan keuangan untuk meningkatkan kesehatan finansial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)