Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:38 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Academic Possible Selves dan Motivasi Akademik pada Mahasiswa Usia Emerging Adulthood di Jakarta
Bibliografi
Author: Chrisnatalia, Desy (Advisor); SABBATHYA, SANDRINA
Topik: Academic Possible Selves; Motivasi Akademik; Emerging Adulthood; Mahasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Motivasi akademik adalah salah satu dimensi motivasi yang mengacu pada keinginan atau minat individu untuk terlibat dalam pembelajaran dan pengalaman sekolah. Motivasi akademik berperan penting bagi perkembangan akademik mahasiswa, terutama selama masa emerging adulthood. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi motivasi akademik adalah memiliki target masa depan yang ingin dicapai. Academic possible selves, yaitu gambaran diri yang signifikan tentang masa depan dalam bidang akademik, menjadi penting selama masa perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic possible selves dan motivasi akademik pada mahasiswa usia emerging adulthood di Jakarta. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan convenience sampling. Sampel penelitian terdiri dari 151 mahasiswa berusia 18-25 tahun dari berbagai universitas di Jakarta. Data dikumpulkan secara daring menggunakan kuesioner yang terdiri dari skala Academic Possible Selves and Strategies Measure dan Academic Motivation Scale Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan Spearman Correlation untuk melihat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara academic possible selves dan motivasi akademik pada mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa atribut academic possible selves positif dan strategi menunjukkan korelasi yang kuat dengan beberapa dimensi motivasi intrinsik, seperti intrinsic motivation toward accomplishment dan intrinsic motivation to experience stimulation. Atribut-atribut academic possible selves juga ditemukan berkorelasi secara positif dengan dimensi intrinsic motivation to know begitu pula dengan beberapa dimensi ekstrinsik, seperti identified regulation dan introjected regulation. Hasil diskusi penelitian ini menekankan pentingnya intervensi untuk membantu mahasiswa mengembangkan academic possible selves yang positif guna meningkatkan motivasi akademik mereka.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)