Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:11 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PREDIKSI MINDFULNESS TERHADAP ONLINE IMPULSIVE BUYING TENDENCY PADA DEWASA AWAL
Bibliografi
Author:
Natalie, Blanca
;
Ferdian, Flaviana Rinta
(Advisor)
Topik:
Mindfulness
;
Online Impulsive Buying Tendency
;
Dewasa Awal
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007000085_Blanca Natalie_Lembar Administrasi.pdf
(582.38KB;
2 download
)
202007000085, BLANCA NATALIE, FLAVIANA RINTA FERDIAN, PREDIKSI MINDFULNESS TERHADAP ONLINE, 31 JUL 2024.pdf
(470.81KB;
2 download
)
Abstract
Belanja online menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi dewasa awal (20-39 tahun) karena memberikan berbagai keuntungan, seperti dari segi harga, kepraktisan, waktu, dan sebagainya. Berbagai kemudahan dalam belanja online dapat meningkatkan keinginan untuk berbelanja. Dewasa awal sedang berada dalam fase memenuhi kebutuhan pribadinya dan mengatur pengeluaran secara mandiri juga beresiko melakukan pembelanjaan impulsif. Dengan demikian, penting bagi dewasa awal untuk memperhatikan dan mengontrol kegiatan belanja yang dilakukan, mengingat pembelanjaan yang bersifat impulsif berpotensi merugikan dewasa awal dari segi ekonomi. Mindfulness menjadi salah satu pendekatan yang dapat membantu individu menyadari perilaku berbelanja dan menghindari terjadinya pembelanjaan impulsif melalui kesadaran dan atensi terhadap keinginan untuk membeli, sehingga membantu individu mengambil keputusan berbelanja yang lebih objektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah mindfulness dapat memprediksi secara signifikan online impulsive buying tendency pada dewasa awal.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linear sederhana, dengan partisipan dewasa awal (20-39 tahun). Data penelitian (n=487) dikumpulkan menggunakan teknik convenience sampling dengan penyebaran kuesioner online yang berisi Mindfulness Attention and Awareness Scale (MAAS-15) dan Impulsive Buying Tendency Scale dalam konteks belanja online (OIBTS-20).
Hasil analisis statistik menggunakan JASP 0.16.02 menunjukkan bahwa mindfulness dapat memprediksi online impulsive buying tendency pada dewasa awal secara signifikan. Adapun analisis tambahan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat online impulsive buying tendency pada perempuan dan laki-laki, yaitu perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Saran bagi penelitian selanjutnya agar mengeksplor faktor lain yang mempengaruhi online impulsive buying tendency agar memperluas pengetahuan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)