Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Instagram Dan Self Esteem Pada Remaja Akhir
Bibliografi
Author:
Wiltan, Ferdynand
;
Chrisnatalia, Desy
(Advisor)
Topik:
intensitas penggunaan instagram
;
intensitas penggunaan media sosial
;
remaja akhir
;
self esteem
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007000072, FERDYNAND WILTAN, DESY CHRISNATALIA, HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN, 31 JULI 2024.pdf
(429.73KB;
1 download
)
202007000072_Ferdynand Wiltan_LembarAdministrasi.pdf
(544.67KB;
0 download
)
Abstract
Kemajuan teknologi memungkinkan setiap individu dapat bertemu dan berkomunikasi melalui dunia virtual dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial merupakan sebuah sarana yang gemar digunakan oleh kelompok usia remaja akhir, terutama media sosial Instagram. Penggunaan Instagram oleh remaja dapat dilihat berdasarkan intensitasnya. Intensitas penggunaan Instagram dapat dilihat berdasarkan aspek perhatian, penghayatan, durasi, dan frekuensi. Self esteem adalah evaluasi seseorang terhadap dirinya baik secara positif maupun negatif. Self esteem merupakan salah satu aspek penting pembentukan kepribadian seseorang. Pembentukan identitas diri erat kaitannya dengan bagaimana seorang remaja mengkonsep dirinya dan konsep diri yang baik terbentuk ketika seorang remaja memiliki self esteem yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan self esteem pada remaja akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini melibatkan 100 remaja akhir berusia 18-21 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Responden mengisi kuesioner Skala Intensitas Penggunaan Media Sosial (SIPMS) dan Rosenberg’s Self Esteem Scale (RSES). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi dengan menggunakan teknik pearson. Hasil uji korelasi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan self esteem pada remaja akhir (r = -0.018, p > 0.05). Masa perkembangan remaja akhir menjadi jendela utama munculnya kebijaksanaan. Kebijaksanaan memungkinkan seorang remaja melakukan penilaian terhadap hal penting dengan baik. Peneliti menyarankan remaja akhir untuk menyadari jenis konten Instagram yang dapat memengaruhi dirinya sehingga para remaja akhir dapat lebih bijak saat menggunakan Instagram.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)