Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Parental Self-Efficacy Orang Tua Dengar Pengguna Bahasa Isyarat yang Memiliki Anak Tuli Usia 7 dan 9 Tahun
Bibliografi
Author:
PUTRI, ANDIEN ARLIN
;
Pristinella, Debri
(Advisor)
Topik:
Parental self-efficacy
;
orang tua dengar
;
bahasa isyarat
;
anak Tuli
;
7 dan 9 tahun
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007510065, ANDIEN ARLIN PUTRI, DEBRI PRISTINELLA, S. Psi., M. Si., GAMBARAN PARENTAL SELF-EFFICACY ORANG TUA DENGAR PENGGUNA BAHASA ISYARAT YANG MEMILIKI ANAK TULI USIA, 8 AGUSTUS 2024.pdf
(3.63MB;
2 download
)
202007510065_Andien Arlin Putri_Lembar Administrasi.pdf
(726.05KB;
0 download
)
Abstract
Banyak anak Tuli terlahir dari orang tua dengar yang menyebabkan berbagai tantangan bagi mereka. Terjadi peningkatan stres pada orang tua, keputusan orang tua untuk tidak mengambil dan menerima bahasa isyarat hingga kesulitan orang tua dalam mengakuisisi dan mengaplikasikan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan anaknya. Padahal masa usia dini menjadi periode kritis terutama untuk penerimaan bahasa anak. Di sisi lain, penelitian sebelumnya menunjukkan ketidakpercayaan diri orang tua dan rendahnya keterampilan untuk berkomunikasi efektif dengan anak Tuli menyebabkan kualitas pengasuhan, komunikasi, dan kognitif yang rendah. Penelitian lain menunjukkan, Parental Self-Efficacy (PSE) dapat meningkatkan kualitas pengasuhan yang diberikan orang tua dengar kepada anak Tuli. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada gambaran PSE orang tua dengar pengguna bahasa isyarat kepada anak Tuli usia 7 dan 9 tahun.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melibatkan dua pasangan partisipan orang tua yang memiliki anak Tuli berusia 7 dan 9 tahun, diperoleh melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-structured secara tatap muka dan dianalisis menggunakan teknik thematic analysis.
Hasil penelitian menunjukkan gambaran tentang pengasuhan dan PSE partisipan dalam lima domain yaitu, achievement, recreation, discipline, nurturance, dan health. PSE orang tua dengar dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti hubungan kedekatan, kelelahan, pengalaman mengasuh anak dengan disabilitas, keniatan dan fokus, serta keterlibatan orang tua sebagai pengasuh anak Tuli. Secara keseluruhan, hasil penelitian menekankan pentingnya komunikasi dan peran bahasa isyarat, pemahaman yang mendalam, intensitas interaksi, keterlibatan aktif, serta dukungan menyeluruh dalam memastikan perkembangan yang optimal bagi anak Tuli. Demikian, upaya untuk meningkatkan PSE orang tua, dengan menyediakan kelompok dukungan sesama orang tua yang memiliki anak Tuli serta pelatihan fokus pada meningkatkan keterampilan komunikasi dan penerapan bahasa isyarat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.234375 second(s)