Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:14 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 84 JAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023
Bibliografi
Author: Megarina, Yulietha ; Wati, Caroline Lisa Setia (Advisor)
Topik: dukungan sosial teman sebaya; kepercayaan diri
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Dukungan sosial teman sebaya adalah hadirnya individu yang secara pribadi memberikan nasehat, motivasi, arahan dan menunjukkan jalan keluar ketika individu mengalami masalah. Dukungan teman sosial sebaya meliputi dukungan instrumental, jaringan sosial, informasi, penghargaan dan dukungan emosi. Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan sendiri. Kepercayaan diri meliputi berani mengungkapkan pendapat, memiliki konsep diri yang positif, bertindak mandiri dan percaya pada kemampuan sendiri. Penelitian ini adalah penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri siswa serta untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri. Teknik pengumpulan menggunakan skala penilaian untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri. Instrumen dukungan sosial teman sebaya terdiri dari 23 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas 0,875. Instrumen kepercayaan diri terdiri dari 24 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas 0,905. Hasil korelasi antar variabel sebesar 0,953 dengan a (nilai signifikasi) yang didapatkan sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan ada korelasi positif secara signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI IPS SMAN 84 Jakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka akan semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki siswa. Dukungan sosial teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 90,7% terhadap kepercayaan diri. Guru BK dapat menyelengggarakan layanan bimbingan klasikal dengan tema terkait pentingnya empati bagi siswa, menghargai sesama teman, pentingnya memberikan perhatian pada teman. Terkait pengembangan kepercayaan diri siswa, Guru BK dapat membahas tema mengenai percaya pada kemampuan sendiri dengan tema believe in yourself, i love my potential”, im enough with my abilities.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)