Bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window adalah layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara berkelompok menggunakan teknik yang dapat membantu individu mengetahui karakteristik diri sendiri berdasarkan penilaian diri sendiri maupun orang lain, sehingga mampu meningkatkan pemahaman diri peserta didik. Pemahaman diri yang baik dapat membantu peserta didik dalam membuat perencanaan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik kelas XI MAS Persis Tarogong Garut. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 MAS Persis Tarogong Garut yang berjumlah 34 orang dengan skor rata-rata terendah dibanding kelas lain. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner pemahaman diri, wawancara, observasi, dan kuesioner evaluasi kegiatan. Analisis data menggunakan teknik mixed method, yaitu secara kuantitatif dihitung menggunakan uji t dengan bantuan SPSS, dan secara kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan pemahaman diri peserta didik berada pada kategori sedang. Bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window teruji tidak mengalami perbedaan yang signifikan, atau dapat dikatakan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik, karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0.101. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan tersebut diantaranya waktu pelaksanaan terbatas, materi kurang mendalam, dan lembar kerja yang sama dan berulang. Saran penelitian ditujukan kepada peserta didik, guru BK, dan peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Johari Window dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik. |