Oppal merupakan multi platftom media yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pesan positif dengan tidak menjual berita negatif, clickbait, ataupun tidak kredibel. Penyebaran pesan positif ataupun konten tersebut dilakukan di berbagai platform, salah satunya Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi social media marketing activities, khususnya pada platform Instagram @oppal_id, dalam membentuk brand awareness dan brand image perusahaan. Teori yang menjadi acuan adalah komunikasi pemasaran, integrated marketing communication, media baru dan media sosial, social media marketing, brand awareness, serta brand image. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan didukung dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi social media marketing activities pada akun Instagram @oppal_id dapat meningkatkan brand awareness hingga mencapai tingkat top of mind. Ditemukan juga bahwa social media marketing activities dapat membentuk brand image yang sesuai dengan tujuan awal perusahaan mengenai citra yang diinginkan. Keberhasilan tersebut dapat dicapai dengan konsistensi dalam pemasaran melalui media sosial dan pemenuhan komponen social media marketing activities, seperti entertainment, interaction, trendiness, advertisement, customization, dan E-WOM. |